Junemian 2015

Junemian

Membentuk sebuah grup/komunitas berdasar satu garis merah dengan banyak anggota dari berbagai daerah di Indonesia memang tidak mudah. Kendalanya banyak, belum lagi waktu untuk bertemu. Tidak banyak grup atau komunitas seperti ini yang bisa terus berjalan. Paling lama bertahan setahun atau dua tahun pertama, kemudian sudah bubar membentuk grup masing-masing. Apalagi grup yang isinya ibu-ibu dengan berbagai latar belakang dan kesibukan, tantangannya lebih berat. Mulai dari kesibukan mengurus anak, rumah tangga, belum lagi kalau seorang pekerja atau wirausaha. Mengurus kehidupan sendiri saja sudah susah, ditambah dengan harus berkomunitas dimana harus menjalin komunikasi dengan orang lain yang belum tentu mau mengerti kesibukan masing-masing.

Bergerak dari satu garis merah, yaitu mempunyai anak yang lahir pada bulan Juni 2015 itulah kemudian ibu-ibu membentuk grup yang bernama BCJune2015 (Birthday Club June 2015) atau yang sekarang dikenal dengan Junemian 2015. Setiap harinya komunikasi 84 anggotanya terjalin melalui Whatsapp grup. Selain itu sering juga kopdar makan siang atau playdate dengan anak-anak. Banyak aktivitas yang terbangun dari grup ini. Jadi aktivitasnya bukan hanya saat ulang tahun bersama saja. Dari grup ini pula banyak ibu-ibu yang menemukan kenyamanan yang akhirnya menumbuhkan suatu support system bagi satu dan lainnya. Dari cerita sedih, bahagia, hingga tertawa bersama semua dibagikan meskipun satu sama lain juga belum tentu pernah bertemu.

Lalu apa sih yang membuat ibu-ibu ini nyaman berada di grup yang terbentuk sejak 3 tahun lalu ini? Beberapa ibu yang saya tanya termasuk juga pengalaman saya adalah grup ini tidak hanya sekedar grup yang isinya melulu tanya jawab, tapi juga banyak cerita. Misal cerita si anak yang sedang tumbuh gigi, si anak yang sedang melakukan gerakan tutup mulut alias males makan, abis dari dokter gigi, abis trial di sekolah mana, dan masih banyak cerita lainnya. Jadi grup rasanya tidak seperti operator 108 atau google yang isinya melulu tanya jawab & berharap jawaban pasti dari member. Kami yang berada di Junemian merasa nyaman untuk saling berbagi sehingga satu sama lain bisa saling belajar.

Penasaran kan dengan aktivitas para Junemian dan mama? Yuk intip Instagramnya di @junemian. Oiyaa, kalau ada mama yang punya anak lahir di bulan Juni tahun 2015, boleh lho gabung dengan kami para Junemian. Untuk member Junemian kebetulan tidak dibatasi berasal dari kota mana, karena kami yang sudah bergabung juga berasal dari banyak kota di Indonesia, bahkan ada yang tinggal di Jepang dan Roma. Jadi pada bulan Juni nanti kita bisa merayakan ulangtahun Junemian yang ke-3 bersama. Tahun ini Panitia Junemian memilih tempat di luar Jakarta, yaitu di Bogor. Seperti apa serunya ulang tahun nanti? Nantikan ya di bulan Juli.

 

 

 

Advertisements

One thought on “Junemian 2015

  1. Wah sayang saya gak bisa masuk grup ini karena lahir di bulan Agustus. Mungkin harus buat sendiri ya mbak, namanya apa ya kira-kira? Augussie atau Augusmile gitu bagus gak hehe..

    Hebatnya anggota Junemian ini masih bertahan hingga 3 tahun lamanya, salut deh atas dedikasi dan semangat kebersamaannya. Saya sendiri punya komunitas satu aja (Komunitas Keren Gandjel Rel) selalu absen kopdar hehe..

    Sukses selalu buat Junemian, semoga akan ada Ultah ke 4, 5 dan seterusnya aamiin :).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s