5 Hal Yang Khas Saat Ramadhan

Bulan yang dinanti sudah tiba. Bulan penuh berkah dan ampunan yang hanya terjadi satu tahun sekali. Ada banyak hal yang khas dan hanya terjadi saat ramadhan saja. Mau tau apa saja?

1. Iklan mengharu biru

Pemirsa televisi pasti akan dibuat terharu mengharu biru setiap tahunnya oleh iklan rokok dari Kudus, salah satu bank, dan sebuah perusahaan BUMN. Iklan yang dibuat khusus untuk diputar selama ramadhan itu penuh oleh pesan moral dan kebaikan. Coba perhatikan stasiun televisi anda sebentar lagi, pasti iklannya akan sering muncul dan semakin sering mendekati lebaran. Meskipun selalu ada juga iklan mengharu biru juga untuk lebaran.

2. Pasar makanan tiban

Menjelang waktu berbuka puasa, pasti banyak orang keluar rumah mencari takjil. Nah saat itu juga dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk berjualan makanan dan minuman untuk berbuka. Misalnya pedagang di depan masjid, pedagang minum dan makanan kecil di jalanan. Entah itu hanya penjual gorengan ataupun kolak, mereka pasti ramai diserbu pembeli.

3. Buka Puasa Bersama

Meskipun hari-hari biasa bisa saja asal makan bersama jam berapapun, namun momen ramadhan selalu dijadikan momen yang tepat untuk makan bersama dan berkumpul teman lama. Biasanya akan semakin ramai dan sering ketika mendekati lebaran. Banyak reuni yang terjadi. Tentu saja ini menjadi hal kegiatan yang bagus dan bermanfaat melekatkan kembali tali silaturahmi. Kegiatan bagus ini tepat untuk dilakukan ramadhan tahun ini mengingat banyak orang yang ribut karena beda sudut pandang.

4. Gambar minuman & makanan di Siang hari

Es kelapa muda atau es campur memang enak kalau dimakan di siang hari yang terik. Namun tidak halnya saat bulan puasa. Oleh karena itu banyak orang jahil yang share gambar makanan atau minuman di siang hari saat puasa yang tujuannya hanya bercanda menggoda orang yang berpuasa.

5. Tirai putih di jendela restoran yang buka siang hari

Konon katanya tujuannya agar tidak menggoda yang puasa. Padahal kalau sudah berniat puasa, tidak akan gampang tergoda hanya dengan melihat makanan atau minuman yang dijual.

Demikian 5 hal yang terjadi di sekitar kita selama satu bulan ramadhan. Dari kelima hal di atas, ada satu kegiatan buruk yang marak terjadi, yaitu petasan. Dar der dor dimana-mana. Petasan berbagai bunyi dan bentuk seperti berlomba-lomba untuk dibunyikan.

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi teman-teman yang menjalankan. Semoga puasanya lancar dan menjadi berkah. Mohon maaf lahir dan bathin yaa..

Advertisements

8 thoughts on “5 Hal Yang Khas Saat Ramadhan

  1. Happy fasting Ky…
    Tumben, entah aku yg mager maksimal po piye, sak 5 ne rung kelakon..:))
    TVku kebak hartis hindia..:)) (fave e simbok)

    Terutama yg pamer foto makanan po minuman, tumben tahun iki grup2 chat koq do ra rajin ngepost.
    *eh :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s