Mitos Seputar Bayi

Punya bayi memang menyenangkan, apalagi yang baru lahir. Banyak kerabat, orangtua, dan teman yang berkunjung. Namun berapa banyak yang kemudian menyampaikan “pesan-pesan” yang sebaiknya dilakukan dan jangan ketika punya bayi. Ada banyak mitos seputar ibu hamil dan bayi yang beredar di masyarakat. Ada yang masih mempercayainya sampai sekarang dan ada yang tidak, semua kembali pada masing-masing orang. Apa saja sih mitos yang masih melekat pada masyarakat?

  1. Buang diaper harus ke Sungai supaya pantat bayi tidak merah-merah terbakar.

Mitos! Banyak orang yang membuang diaper anaknya ke Sungai bukan ke tempat sampah karena jika dibuang di tempat sampah, maka pantat bayi akan melepuh merah-merah seperti terbakar. Anggapan ini salah karena tidak ada hubungan antara pantat bayi yang ruam dengan tempat pembuangan diaper. Pantat bayi yang ruam diakibatkan tidak cocoknya ukuran diaper (kekecilan) atau terlalu lama menggunakan diaper. Maksimal jam penggunaan yang dianjurkan adalah 4-6jam sehari, setelah itu harus segera diganti. Sedangkan membuang diaper ke Sungai hanya akan mengotori sungai dan banjir ketika musim hujan.

  1. Anak tidak boleh minum es biar tidak flu.

Mitos! Flu itu disebabkan oleh virus dan virus akan menyerah manusia ketika imun sedang lemah. Oleh karenanya minum es ketika kondisi badan sedang tidak sehat atau menurun akan menyebabkan flu.

  1. Pakai diaper hanya membuat kaki bengkong

Mitos! Karena kaki bayi yang baru lahir itu bentuknya “o” dan akan lurus sendiri seiring dengan pertumbuhannya.

  1. Bayi baru lahir harus pakai gurita biar perutnya tidak mbleber

Mitos! Pemakaian gurita hanya akan membuat bayi susah bernafas. Bayi yang baru lahir, pernafasannya masih dibantu otot-otot dinding perut karena paru-paru dan rongga dada memerlukan waktu untuk berkembang sempurna.

  1. Sering gendong bayi hanya akan membuat bayi manja dan bau tangan.

Mitos! Justru bayi yang baru lahir akan membangun kelekatan dan membuat si kecil nyaman. Kebutuhan bayi untuk menangis adalah sinyal yang baru bisa si bayi berikan sebagai tanda dia lapar, haus, mengantuk, dll karena hanya menangis yang bisa dia lakukan.

  1. Bayi jangan sering-sering menangis.

Menangis untuk bayi itu bisa menyehatkan jantungnya. Tapi ya jangan dibiarkan kelamaan ya. *konsultasikan perihal ini pada dokter kesayangan anda

  1. Jangan ajak bayi keluar/bepergian sebelum 40hari biar tidak gampang sakit.

Fakta! Bayi yang baru lahir sistem kekebalan tubuhnya masih rentan diserang penyakit. Ada baiknya untuk tinggal dulu di rumah sambil si ibu memulihkan kondisi tubuhnya paska melahirkan.

  1. Minum air kelapa akan membuat bayi terlahir bersih.

Mitos! Kerak di kepala bayi yang baru lahir terjadi karena terlalu aktifnya kelenjar minyak akibat dari pengaruh hormon si ibu. Kerak ini akan hilang dengan sendirinya.

  1. Rambut ibu rontok karena bayi main ludah.

Mitos! Kerontokan rambut yang terjadi karena pengaruh perubahan hormon setelah ibu melahirkan.

  1. Bayi umur 3bulan boleh diberi makan.

Mitos! Bayi sejak lahir sampai usia 180hari hanya boleh diberi asi atau sufor jika asi bermasalah, makanan apapun tidak diperbolehkan karena akan berpengaruh pada pencernaannya.

Masih banyak mitos yang berkembang di masyarakat selain 10 di atas. Konsultasikan mengenai kebenaran mitos apapun yang anda dengar pada dokter atau ahli kesehatan kesayangan anda.

Advertisements

9 thoughts on “Mitos Seputar Bayi

  1. Aduh mitos nomer 1 itu terjadi di keluarga mantan teman sekosnya bojomu waktu masih di bhakti husada… Jadi ceritanya suatu hari kami ada kerjaan kirim barang, pake mobilku, terus tau2 sang teman itu minta mampir tepi sungai buat mbuang itu sampah pampers anaknya. Kemudian kami buru2 kabur melanjutkan perjalanan. Coba kalo momen itu tertangkap candid wartawan atau blogger, bisa tercermar reputasi plat nomer mobilku. Pret banget lah ky… -_-“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s