Lontong Kupang dalam Bidikan Smartphone

Tren masa kini adalah foto dulu makananmu sebelum dimakan. Perut lapar tunda dulu demi sebuah foto yang ciamik. Apalagi kebiasaan ini semakin didukung dengan kamera yang menghasilkan gambar bagus. Kalau saya males aja jajan ke warung kaki lima Surabaya sambil angkat-angkat kamera gede, mending ngantongin ASUS ZenFone aja gampang. Smartphone yang saya pakai buat cekrak-cekrek ini adalah Asus ZenFone 6 dengan PixelMaster Camera belakang 13MP dan kamera belakang 2MP sudah cukup memuaskan hasilnya.

Berbicara mengenai Surabaya, pasti tak lepas dari kata makanan. Dari belut, bebek, bakmie, lontong balap, lontong kikil, lontong kupang, sampe sate klopo pun ada dan tidak dijumpai di kota lain. Seandainya ada pun, rasanya pasti berbeda. Beberapa nama makanan yang saya sebut di atas bahkan memang tidak tersedia di kota lain, contohnya lontong kupang. Lalu apa sih istimewanya Lontong Kupang dibanding makanan Jawa Timur lainnya?

whatsapp-image-2017-03-02-at-17-15-25

Kupang adalah hewan laut sejenis kerang atau tiram. Bentuknya kecil, berukuran kira-kira 3-5mm dan tubuhnya berwarna coklat agak pucat. Kupang disebut juga kerang putih atau bahasa ilmiahnya corbula faba. Binatang ini biasanya dapat ditemukan dipinggir pantai atau lumpur berair asin. Bahan utama yang digunakan untuk Lontong Kupang ini adalah kupang putih, yaitu hewan laut semacam kerang berbentuk kecil sebesar antara biji beras dan biji kedelai. Kupang termasuk hewan endemik yang hanya ada di pesisir Selat Madura. Selain Kupang, hewan endemik lain yang hidup di pesisir Selat Madura adalah Lorjuk. Oleh karenanya pedagang Lontong Kupang hanya ada di Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya.

Cara menyajikannya adalah kupang dikupas bersih dan dimasak, tambahkan lontong dan lentho, kemudian diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis. Untuk menghidangkannya biasanya dipadukan dengan sate kerang. Minuman yang cocok sambil menikmati makanan ini adalah degan ijo.

Jika anda ingin menikmati Lontong Kupang, warung yang ramai dikunjungi pembeli ada di Pasar Larangan Sidoarjo. Sepiring lontong kupang dihargai Rp. 10.000,00 dan sate kerangnya Rp. 5.000,00. Harga yang cukup murah bukan untuk menikmati makanan khas ini, makanya saya menyempatkan datang ke warungnya sambil foto cekrak-cekrek dengan ASUS ZenFone 6 ini. Oiya, warungnya buka pagi sekitar pukul 07:00 sampai dagangan habis siang menjelang sore hari. Jangan khawatir jika anda tak sempat ke Pasar Larangan, di sepanjang jalan Surabaya-Sidoarjo akan banyak anda temui pedagang Lontong Kupang ini. Namun untuk rasa masih dipertanyakan, terutama cara mereka menggolah Kupang biar tidak terlalu amis.

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Lontong_kupang

Advertisements

24 thoughts on “Lontong Kupang dalam Bidikan Smartphone

  1. Baru dengar ada kuliner lontong kupang mbak, dan nggak sangka juga itu nama binatang, yang saya tahu kupang itu nama kota di Indonesia, hehe..

    Pengen nyoba juga penasaran gimana rasanya, tapi jauh ya yang jual hanya di Surabaya dan Sidoarjo. Mungkin kapan-kapan kalau pas ada kesempatan kesana 🙂

  2. dari kecil udah akrab sama nama lontong kupang, karena pakdeku orang surabaya. tapi kenyataannya, sampai sekarang belum pernah sekali pun kesampaian makan ini. heheu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s