Biarkan Anak Bereksplorasi

img_20161022_084726

Acara Dancow Seminar Parenting

Meningkatnya angka kekerasan terhadap si Kecil menunjukkan bahwa acara Seminar Parenting di Indonesia sangat penting sekali untuk Ayah Bunda agar Si Kecil tidak mengalami pola asuh anak yang salah. Dukungan Ayah dan Bunda sangat diperlukan si Kecil pada 1000hari pertama kehidupannya karena pada saat itu sel otaknya berkembang dengan pesat. Karenanya pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016 kemarin, Dancow Parenting Center mengadakan seminar “Tumbuh Kembang si Kecil Berawal dari Perlindungan yang Optimal” dengan Shahnaz Haque sebagai moderator. Selama kurang lebih 3jam, Ayah dan Bunda dibekali ilmu cara mendidik anak yang baik, tahap perkembangan anak, hingga pola asuh anak yang benar.  Bertempat di Crowne Plaza Hotel, acara ini menghadirkan 3 pembicara, yaitu: 

Dr. dr. Hartono Gunardi, SpA(K). Nutrisi lengkap dan seimbang diperlukan tubuh untuk:

  1. Pertumbuhan fisik, yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat.
  2. Perkembangan/kecerdasan, yaitu karbohidrat, protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serta Fe.
  3. Perlindungan/kekebalan, yaitu serat pangan insulin, laktobasilus, vitamin A-C-E, selenium, dan zinc.

Kesemua nutrisi tersebut harus dipenuhi agar tumbuh kembang si Kecil tidak terhambat. Salah satu penentunya adalah membiasakan untuk sarapan pagi, karena si Kecil yang sarapan pagi nutrisinya lebih baik daripada yang tidak. Demikian juga makanan tambahan yang harus diberikan selain makanan utama. Idealnya pola makan si kecil dalam sehari adalah minimal 5x. Cara saya mengetahui perkembangan si Kecil adalah dengan menimbang berat badan tiap sebulan sekali, mengukur tinggi badan, dan mengukur lingkar kepala. Berbekal buku KMS, maka jika terjadi sesuatu yang tidak sewajarnya pada pertumbuhan si Kecil akan segera terdeteksi. Asi juga harus diberikan minimal sampai usia si Kecil 2tahun.

Membiarkan Kian bermain di playland adalah cara saya mengajarkan Kian untuk bersosialisasi dan bereksplorasi

Membiarkan Kian bermain di playland adalah cara saya mengajarkan Kian untuk bersosialisasi dan bereksplorasi

Pentingnya stimulasi bermain adalah membentuk anak sehat, ceria, percaya diri, cerdas, kreatif, dan berperilaku baik. Dr. dr. Hartono Gunardi, SpA(K) menutup acara berbaginya dengan memberikan pesan yang harus dilakukan oleh Ayah dan Bunda untuk melindungi si Kecil:

  1. Penuhi kebutuhan dasar untuk tumbuh kembang anak (asah, asih, asuh),
  2. Ungkapkan kasih sayang dan berikan perhatian untuk anak,
  3. Nutrisi lengkap, tepat, dan seimbang sesuai usia anak,
  4. Berikan stimulasi sesuai usia, berikan kesempatan anak untuk bermain dan bereksplorasi dengan lingkungan yang aman,
  5. Imunisasi merupakan perlindungan spesifik terhadap beberapa penyakit.

Vera Itabiliana, Psi yang membagi ilmunya, bahwa kebutuhan si Kecil dari usia 1-5tahun adalah eksplorasi untuk membantu perkembangan sensori dan motorinya. Eksplorasi hal-hal baru sangat mendukung berbagai kemampuan si Kecil, seperti sensori-motori, komunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif, dan kreatifitas. Membiarkan si Kecil makan sendiri termasuk melatih kemandiriannya lho, bunda. Saya lebih sering membiarkan si Kecil makan sendiri meskipun awut-awutan karena ini merupakan bagian dari eksplorasi. Ribet memang karena seusai makan, Saya harus memungguti satu-satu nasi yang jatuh tercecer tapi lama-lama nanti pasti Kian jadi terbiasa bisa makan rapi.

Bunda Sari Sunda Bulan, AMG. Setahun pertama berat badan si Kecil harus 2x berat badannya saat lahir. Gizi seimbang juga diperlukan si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Yang harus bunda perhatikan adalah saat si Kecil menolak satu jenis ikan, maka memberikan satu jenis ikan lainnya. Jangan malah menggantikan ikan dengan mie, contohnya. Kalau saya biasanya mengganti nasi dengan kentang kalau Kian sedang bosan dengan nasi. Jangan juga membiasakan anak makan sambil melihat tv atau bermain gadget. Gadget termasuk tv tidak disarankan untuk anak usia di bawah 2tahun, sedangkan untuk usia 2tahun ke atas perlu dibatasi penggunaannya (2jam sehari). Untuk jam makan sendiri perlu juga pembatasan, antara 20-30menit, jangan sampai terbentur jam makan selanjutnya. Si Kecil di bawah 3tahun juga perlu tidur siang. Untuk kebutuhan susu si Kecil, berikan 2-3x sehari saat pagi dan malam sebelum tidur. Susu pun fungsinya hanya sebagai pelengkap karena nilai gizi yang terkandung dalam susu tidak akan mampu mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan. Sebaiknya susu juga sekali minum langsung habis, jangan disimpan di kulkas. Begitupun penyimpanan & takarannya harus diperhatikan.

Begitulah pentingnya Ayah dan Bunda untuk membiarkan anak bereksplorasi demi serta tetap mendampingi dan memperhatikan aktifitas si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Saya jadi belajar banyak hal dari materi yang disampaikan. Termasuk cara salah saya dengan mengajak Kian nonton video kesukaannya saat makan. Jangan lupa juga untuk melindungi tubuh si Kecil dengan imunisasi.

Advertisements

12 thoughts on “Biarkan Anak Bereksplorasi

  1. Waaaah.. asyik.. bundanya belajar, anaknya bermain..

    Kalo anakku mah, langsung nggeret aq minta ditemenin xD gk mau main sendiri.. lagi dalam masa2 tidak mau ditinggal sendiri masio onok koncone (._.)a

  2. Maaf sekali ya mbak, kalau bisa warna latar blognya dibikin putih aja biar enak baca artikelnya. Tapi sekedar saran sih. Makasih banyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s