Liburan Bersama Sun Life Indonesia

Gambar dari undagan via email panitia acara

Gambar dari undangan via email panitia acara

Liburan itu penting, namun tidak semua orang bisa memanfaatkan liburan dengan benar. Jangan sampai masalah datang seusai liburan, misalnya tagihan kartu kredit membengkak, duit abis, badan sakit karena makanan yang berantakan hingga harus lari ke RS, dan berbagai masalah lain. Oleh karenanya Sun Life Indonesia mengundang para blogger untuk tahu lebih banyak mengenai tips & trik liburan dengan menghadirkan 2 orang blogger traveller. Mau tahu selanjutnya?

Hari minggu siang tanggal 28 Agustus 2016 bertempat di The Papandayan Room Hotel Horison Semarang, mbak Donna Imelda dan Muna Sungkar banyak bercerita mengenai pengalaman liburan mereka. Mbak Donna adalah seorang dosen, travel writer dan co-founder Indonesia Corners, sedangkan Muna adalah seorang dosen, blogger, traveler, penulis. Semarang (26-28 Agustus 2016) merupakan kota ke-4 dimana acara bertajuk “Seminar Fun Talkshow: Wujudkan Liburan terbaikmu!” ini diselenggarakan. Kota sebelumnya adalah Makassar (22-24 April 2016), Surabaya (27-29 Mei 2016), dan Bandung (29-31 Juli 2016). Selama kurang lebih 2 jam, keduanya membagi ilmu tips dan trik mereka tentang liburan seru tanpa mendatangkan masalah setelahnya. Hal penting mengenai persiapan liburan banyak dikupas tuntas oleh mbak Donna, sementara Muna membahas mengenai tips & trik liburan bersama keluarga.

Sun Life Bright Advisor siap membantu anda

Acara dibuka oleh Ahmad Emir Farabi (fabi) sebagai perwakilan dari PT. Sun Life Financial Indonesia. Mas Fabi mengenalkan sekaligus menjelaskan mengenai situs bright advisor , dimana kita bisa bertanya dan mendapatkan informasi lebih seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan. Di website itu pula anda bisa menggunakan kalkulator yang fungsinya membantu anda menghitung kebutuhan asuransi dan investasi untuk masa depan. Anda bebas tidak dikenakan biaya apapun dalam memanfaatkan bright advisor, bahkan tidak harus menjadi nasabah Sun Life terlebih dahulu.

Liburan tenang versi mbak Donna

Mbak Ir Donna Imelda yang didaulat menjadi pembicara pertama banyak memberikan tips dan trik mulai dari biaya, waktu, hingga tujuan wisata. Menurut Mbak Donna, liburan bisa jadi merupakan perjalanan yang sudah direncanakan secara matang ataupun go show (jika punya dana lebih). Namun ada baiknya jika perjalanan tersebut sudah terencana jauh hari karena kita bisa lebih matang dalam menyiapkan segalanya. Perencanaan perjalanan bisa dimulai dengan menyiapkan dana, tujuan wisata, dan waktu. Tentukan dan siapkan dana yang akan digunakan. Dana yang harus dipersiapkan meliputi: biaya paspor (jika ke luar negeri), tiket pesawat, hotel, biaya komunikasi, harga tiket masuk obyek wisata, oleh-oleh, dan makan. Jangan lupa siapkan juga dana cadangan.

Asuransi perjalanan merupakan bagian terpenting karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan perjalanan kita nanti. Hal itu juga yang akan membuat kita tenang apabila diperjalanan kita mengalami kecelakaan atau sakit. Biasanya banyak yang malas mengurus asuransi karena ribet dan klaimnya susah. Padahal ini merupakan hal terpenting. Besaran biaya yang harus dibayarkan untuk asuransi beragam, tergantung tempat tujuan. Dua hal penting yang bisa menimbulkan kerugian jika perjalanan kita batal adalah tiket dan akomodasi. Sementara kalau kita sudah mengasuransikan rencana perjalanan kita, maka 2 hal tersebut akan aman. Pastikan juga asuransi anda memiliki jaringan internasional jika anda bepergian ke luar negeri.

Jika anda memiliki kartu kredit, gunakanlah secara bijak dan cermat. Akan ada banyak outlet yang memberikan diskon saat anda berbelanja, oleh karenanya jangan sampai gelap mata. Jangan sampai masalah kartu kredit memusingkan anda setelah liburan. Bayar semua tagihan kartu kredit jangan sampai menunda-nunda karena bunganya besar. Demikian ulasan mbak Donna apa saja yang harus dipersiapkan demi sebuah liburan yang bikin tenang.

Buat draft tulisan kita selama diperjalanan, bahkan tweet kita juga bisa dijadikan draft. Tulis secepatnya diblog, jangan sampai kelamaan dan feelnya ilang. Apalagi jika perjalanan tersebut merupakan undangan, jangan terlalu lama ditulis. Foto bisa membantu kita membuat tulisan perjalanan. Bahkan jam tangan pun kadang perlu juga difoto untuk mengingatkan kita kapan kita berada disuatu tempat. Jadikan blogmu adalah etalasemu dengan membuat konten sebaik mungkin, maka endorse akan datang sendiri.

Tips & Trik Liburan bersama Keluarga

Setelah break yang diisi dengan stand up komedi oleh Fuad Fu, giliran Muna yang menyampaikan tips dan triknya liburan bersama keluarga. Menurut Muna, liburan keluarga itu penting karena hidup akan terus berjalan sementara kesibukan & umur kita terus bertambah, belum lagi usia anak-anak yg terus bertumbuh. Jangan sampai menunda liburan hanya karena anak kita masih kecil. Justru pada masa inilah saatnya kita menciptakan memori indah sebelum waktu anak-anak kita tersita dengan kesibukan mereka bersama teman, sekolah, bahkan gadget.

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah

  1. ketahui tanggal libur anak (jika sudah sekolah), atur jadwal cuti dan bicarakan rencana liburan ini bersama keluarga.
  2. Pastikan dana dari awal, kalau bisa ada satpam yang siap nyemprit kalau pengeluaran selama liburan over budget.
  3. Tentukan dulu mau liburan ala backpacker atau menggunakan travel agent. Hal ini berkaitan dengan besaran dana, akomodasi, dan tujuan wisata yang akan kita kunjungi.
  4. Manfaatkan asuransi perjalanan

Tips liburan irit budget menurut Muna adalah issued tiket jauh-jauh hari. Nabung dan lakukan pembayaran 2-3bulan sebelumnya. Bandingkan harga satu maskapai dengan maskapai lain dengan cara subscribe menjadi member. Cek situs booking tiket online dan jangan menyerah. Setelah tiket pesawat didapat, jangan lupa susun itinerary dan mendiskusikannya bersama suami dan anak. Jika liburan bersama anak harus dibawa fun, jangan terlalu memaksa karena bisa mengakibatkan anak tantrum dan akan berpengaruh pada mood orangtua.

Sebelum berangkat, scan dokumen dan kirim ke email pribadi. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika ada hal yang tidak kita inginkan. Jangan lupa untuk menimbang barang bawaan, jangan sampai over budget. Packing adalah hal paling malas dilakukan sebelum liburan, belum lagi barang yang akan dibawa banyak. Muna punya tips packing asyik:

  1. Ajak anak untuk packing bareng. Ini berlaku untuk untuk anak usia lebih dari 5 tahun. Dengan begitu mereka merasa dilibatkan dan antusias dengan rencana liburan yang sudah anda persiapkan.
  2. Bawa tas tenteng keperluan bayi. Tas ini berisi popok, susu, tissue basah dan kering, cemilan, dan keperluan bayi lainnya. Simpan dan masukan hal-hal yang sekiranya akan sering dipakai dalam satu tas tersendiri.
  3. Bawa mainan untuk mengurangi kebosanan yang akan terjadi pada anak selama perjalanan.
  4. Bawa obat standart. Obat-obatan ini berguna jika kita atau si anak mabuk atau bahkan punya penyakit kambuhan yang sekiranya bisa terjadi saat liburan.
  5. Letakkan tas di tempat yang mudah terjangkau.

Karena liburan keluarga seharusnya mendekatkan kembali hubungan kekeluargaan, maka komunikasi suami istri harus tetap terjaga selama perjalanan. Jika ada masalah, segera diskusikan. Untuk memancing anak agar antusias dengan rencana liburan keluarga adalah dengan menceritakan agenda tujuan liburan kita sehari sebelum keberangkatan. Hal terpenting lainnya adalah menyiapkan uang tunai dan menyimpannya secara terpisah. Jangan lupa cek barang bawaan dan dokumen kelengkapan sebelum berangkat.

Liburan tidak harus malah, bahkan keliling naik BRT pun menjadi hiburan mengasyikan yang bisa dilakukan bersama anak. Mengunjungi museum atau kebun binatang bahkan menjadi hal yang seru. Pesan Muna untuk mendapatkan endorse adalah kalau berkunjung ke suatu tempat makan, menginap di hotel atau tempat wisata, cobalah untuk mereviewnya terlebih dahulu tanpa menunggu diminta, lalu tag ke tempat tersebut. Jika reviewmu menarik, minimal akan ada goodie bag yang akan diberikan padamu.

Di akhir acara diumumkan pemenang live tweet dan ada hadiah bagi para penanya. Tak lupa ada goodie bag yang dibagikan Sun Life Financial Indonesia bagi semua yang hadir siang itu. Goodie bag berisi buku berjudul “Selami Asuransi demi Proteksi Diri karya Joice Tauris Santi dan Nurul Qomariah bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai asuransi. Demikian acara Fun talk bersama Sun Life di Semarang berlangsung, kota berikutnya yang akan disinggahi adalah Yogyakarta.

Advertisements

8 thoughts on “Liburan Bersama Sun Life Indonesia

  1. Wah, asem nih. Waktu di Surabaya topiknya tentang cara mengatur keuangan untuk masa depan, kok di Semarang malah temanya tentang ngatur liburan. Barangkali orang Surabaya nampak seperti orang sering bangkrut dan orang Semarang nampak seperti orang kuranh piknik, makanya dipilihin tema beginian..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s