Lagu Anak, Nasibmu Kini

DSC00068

Bagi anak yang lahir tahun 80an pasti tidak susah untuk mendengar lagu anak-anak karena lagu anak ditahun itu buanyak sekali. Bahkan ada acara khusus lagu anak disatu-satunya stasiun tv yang ada saat itu. Radio pun tak mau kalah, mulai dari lagu hingga cerita anak pun disajikan untuk memanjakan pendengar cilik. Kala itu semua media begitu peduli dengan anak-anak. Tayangan untuk anak juga banyak, meskipun tidak melulu murni buatan sineas Indonesia. Masih pengen bernostalgia?

Sebut saja Melisa dengan abang tukang baksonya, Enno Lerian, Bondan Prakoso, Ria Enes & Susan, Puput Novel, Puput Melati, Eza Yayang, dll, Nama-nama itu termasuk dalam artis terbaru saat ini. Yang lebih lama lagi bisa disebut eranya Adi bing slamet, Chica Koeswoyo, Ira Maya Sopha, Dina Mariana, dll. Hingga menginjak tahun 90an hadirlah generasinya Joshua, Sherina, Chikita Meidi, Geovani-Saskia, Maissy, Agnes Monica, Trio Kwek-Kwek, dll. Tapi menginjak tahun 2000an ketika para artis cilik yang mulai beranjak dewasa jadi menghilang pelan-pelan dari layar kaca. Hanya beberapa orang yang masih hadir, itupun kemudian menjadi pemain sinetron stripping. Artis baru yang muncul pun bisa dihitung jari, seperti Tina Toon, Nikita Willy, Dea Imut (yang kemudian berubah menjadi Dea Anisa setelah beranjak dewasa), dan yang terbaru Romaria.

Lima tahun belakang memang ada beberapa artis cilik yang muncul, namun mereka tidak konsisten antara lagu yang dinyanyikan dengan usia. Pilihan lagunya sudah masuk ke usia remaja, sebut saja Coboy Junior. Seiring dengan menghilangnya sajian lagu dan cerita anak di tv dan radio, semakin susah pula ditemui lagu anak. Beberapa stasiun tv swasta sebenarnya sudah berusaha untuk mengangkat kembali lagu anak dengan mengadakan perlombaan menyanyi. Namun setelah acara usai, hilang pula si pemenangnya. Dan anehnya lagu yang mereka bawakan saat masih lomba pun sudah bukan lagu anak-anak lagi. Hanya beberapa yang masih konsisten membawakan lagu anak.

Beberapa bulan terakhir masyarakat dikejutkan dengan seorang anak yang menyanyikan lagu dengan lirik dewasa. Liriknya begini:

Bapakku kawin lagi
Aku ditinggalin
Aku sakit hati

Ibuku diduain
Ibuku minta cerai
Tapi dipukulin

Bapakku pengkhianat
Ibuku dibohongin

Lelaki kardus
Lelaki karpet
Lelaki kencrot
Lelaki bangkrut
Lelaki m**cret
Lelaki karbet
Lelaki b***sat

Judul lirik lagu di atas adalah “Lelaki Kardus”. Entah apa kaitan judul dengan liriknya. Bisa dibayangkan lirik itu dinyanyikan anak-anak setiap hari? Ngeri ya. Saya bahkan gak tega dengar & liat klipnya di yutub. Lirik lagu di atas saya ambil dari sini. Belum lagi anak-anak yang nyanyi lagu dangdut sebangsa: sakitnya tuh di sini, Goyang Dumang, lagunya ST12, Wali, dll. Mending sekalian aja dengerin lagunya Gue Kece-Lil’ Rascal!

Oleh karena munculnya lagu Lelaki Kerdus itu kemudian Joshua Suherman dan teman-temannya sesama mantan artis cilik membuat gerakan #savelaguanak. Para mantan artis tersebut reuni dan menyanyikan lagu yang ditujukan untuk anak-anak. Kalau mau tahu lagunya, bisa lihat di sini. Saya pribadi kepengen para artis cilik tersebut kembali menyanyikan lagu jaman kecil mereka, direkam ulang dalam satu album lalu dijual. Saya yakin pasti banyak orangtua yang akan membeli buat anaknya, sekalipun jualan mereka lewat kedai penjual ayam dari Amerika.

Jangan kaget kalau anak sekarang nyanyinya lagu anak berbahasa Inggris. Finger Family, Baa Baa Black Sheep, Old MacDonald justru lebih dihafal ketimbang yang berbahasa Indonesia. Seandainya acara semacam Si Komo dan Si Unyil dihidupkan kembali, mungkin akan kambali memberi sedikit warna pada dunia anak. Semoga apa yang sedang dilakukan Joshua dan teman-teman dengan hastag #SaveLaguAnak bisa kembali membangkitkan pencipta lagu anak untuk kembali berkarya.

Advertisements

6 thoughts on “Lagu Anak, Nasibmu Kini

    • Tepatnya gini kali ya: Lagu dewasa yang dinyanyikan anak karena kan lirik sadisnya itu gak pantas buat anak kan ya, mbak.
      Salam kenal balik 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s