Lunpia, Pintu Gerbang Kuliner Semarang

IMG_20160523_141800

Kata Lunpia atau lumpia selalu identik dengan Kota Semarang. Coba saja singgah ke kota lain, pasti penjual lunpia akan mencantumkan nama Semarang di belakangnya. Tidak semua penjual lunpia mampu mengolah dan menyajikan dagangan mereka sesuai dengan lunpia asli Semarang. Kendala utama penyajian lunpia adalah pemilihan rebung dan bagaimana meraciknya hingga menjadi sebuah lunpia yang enak dimakan. Jika anda berkunjung ke Kota Semarang, cobalah mampir ke Lunpia Delight. Apa sih Lunpia Delight itu?

Tjoa Thay Joe dan Mbok Wasi merupakan pasangan suami istri pendiri Lunpia Semarang pada tahun 1870. Dari beliau berdualah usaha penjualan lunpia Semarang berjaya dan terus berlanjut sampai generasi berikutnya. Tersebutlah Master Chef Tan Yok Tjay yang merupakan generasi ke-4 juga sebagai generasi ke-2 dari pendiri Lunpia Mataram, yaitu Ibu Siem Hwa Nio yang menurunkan resep Lunpia pada putri bungsunya. Melalui tangan dingin Meliani Sugiarto, SE atau yang biasa dipanggil Cik Meme inilah kemudian tercipta berbagai rasa lunpia khas Semarang yang menjadi menu utama Lunpia Delight. Meskipun Cik Meme merupakan Sarjana Ekonomi Akuntansi, namun keahliannya dalam meracik menu istimewa untuk Lunpia Delight tidak diragukan lagi.

PANO_20160523_135413

Lunpia Delight terletak di Jl. Gajahmada 107 (sebelah Istana Buah). Jam operasionalnya adalah dari jam 05:00-22:00 wib, hari Minggu dan hari libur nasional tetap buka. Jika anda tidak sempat mampir, maka anda bisa menggunakan layanan pesan antar melalui nomer telpon (024) 3511006/3511007. Namun jika anda punya banyak waktu dan ingin menikmati lunpia di lokasi juga bisa. Tempat yang disediakan cukup sejuk dan nyaman. Bahkan ada kursi untuk anak-anak menunggu dan bermain. Tersedia Musholla untuk anda yang beragama Islam di lantai 2. Untuk kenyamanan transaksi di tempat, anda bisa menggunakan kartu debit tanpa minimum pembelanjaan. Jadi berapapun total yang harus anda bayar, tidak usah khawatir jika membayar dengan kartu debit.

IMG_20160523_141448

Sebagai Pintu Gerbang Kuliner Semarang, Lunpia Delight mempunyai 6 menu istimewa yang dihadirkan:

  1. Lunpia RaJa Nusantara (Rasa Jamur Nusantara), berisi rebung, jamur, telur ayam, dan kacang mete,
  2. Lunpia KaJaMu (Kambing Jantan Muda), berisi rebung, telur ayam, dan daging kambing jantan muda,
  3. Lunpia Fish Kakap, berisi rebung, telur ayam, udang, dan daging kakap,
  4. Lunpia Crab, berisi rebung, telur ayam, udang, dan daging kepiting,
  5. Lunpia Original, berisi rebung, telur ayam, dan udang,
  6. Lunpia plain, berisi rebung. Menu plain ini khusus disiapkan untuk para vegetarian.

IMG_20160523_141500

Harga yang ditawarkan untuk menu spesial seperti RaJa Nusantara, KaJaMu, Fish Kakap, dan Crab adalah Rp. 18.000,00 saja. Sedangkan untuk Original adalah Rp. 12.000,00 dan Rp. 8.000,00 untuk menu plain. Selain ke-6 lunpia spesial yang ditawarkan, anda juga bisa menikmati berbagai cemilan dan es cream jika berkunjung ke lokasi. Bahkan untuk anda yang berasal dari luar kota, tersedia berbagai macam oleh-oleh selain lunpia yang bisa dibeli. Jangan khawatir dengan kehalalan Lunpia ini. Lunpia Delight merupakan lunpia satu-satunya yang sudah memiliki sertifikat halal dari MUI.

Jpeg

Saat saya berkunjung ke Lunpia Delight, saya disambut oleh mbak pramuniaga ramah yang menawarkan menu spesial seperti di atas. Kemudian pilihan berikutnya adalah kering atau basah? Maksudnya adalah Lunpianya digoreng atau tidak. Saya mencoba Lunpia Original Delight kering, Lunpia RaJa Nusantara kering, dan KaJaMu basah. Untuk minumannya saya memilih Lemon Tea dan es jeruk nipis untuk suami saya. Setelah menunggu sambil menikmati gelato ice cream rasa Mocca Latte di tangan, akhirnya pesanan pun datang. Lunpia yang telah dipotong beberapa bagian disajikan dipiring kertas lengkap dengan daun bawang, ketimun, serta saus lunpia. Saat saya angkat satu potong dan melahapnya, saya lupa bahwa saya sedang menikmati lunpia. Lunpia delight ini berbeda dengan lainnya. Lunpia gorengnya benar-benar kering sehingga tidak ada minyak yang masih menetas atau terlihat mengkilat di kulit lunpianya. Rebungnya pun tidak berbau karena dibuat dari rebung pilihan. Daging kambing muda yang menjadi campuran untuk KaJaMu pun terlihat besar dan tidak berbau. Kali ini saya puas sekali menikmati Lunpia, rasanya pun enaakk sekali.

IMG_20160523_141712

Dari bulan Desember 2015 sampai akhir bulan Mei 2016 ini jika anda mempunyai tiket Kereta Api, maka anda akan mendapatkan diskon 25% untuk pembelian Lunpia Delight Original dan Spesial. Juga tersedia undian berhadiah 3 motor CBR150R berlaku untuk semua pembeli Lunpia Delight. Lunpia Delight juga melayani pemesanan sampai luar kota. Untuk info lengkapnya bisa dilihat diwebsitenya yaa..

Tulisan ini diikutsertakan pada Lunpia Delight Blogging Competition yang diselenggarakan oleh Lunpia Delight.

Advertisements

6 thoughts on “Lunpia, Pintu Gerbang Kuliner Semarang

  1. Okky, tulisanmu masih plain sih kalau menurutku

    untuk ukuran sebuah lomba kamu harusnya lebih berani mengambil point of view berbeda, cari sudut pandang berbeda dan gaya tulisan berbeda.

    bisa dimulai dari merekonstruksi sejarah Lunpia misalnya, terus ditambah dengan komentar orang luar tentang Lunpia, atau mungkin ada kisah-kisah menari tentang Lunpia

    saran aja sih hehehe

    good luck Okky!

  2. Pingback: Sinergi antara Lunpia Delight dan Blue Bird | My Cookies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s