Bingung Milih Tabungan Rencana

nabung

Hyak, saya malam ini sedang bingung klik sana sini mencari info tentang tabungan rencana. Sejak ada Kian dan dana pendidikan makin lama makin tinggi, saya jadi rajin cari info tentang produk bank atau asuransi yang sekiranya cocok dengan kemauan saya. Ada banyak pilihan yang ditawarkan oleh bank, mulai dari tabungan rencana hingga program saving lock dengan low instalment. Beberapa waktu lalu ketika saya mudik, telinga saya dibisikin adek saya untuk membuka program saving lock di bank tempat dia bekerja. Kebetulan program itu menawarkan hadiah smartphone buatan koreya dan produknya steve job. Jadi dengan menanamkan dana tertentu dan menabung rutin tiap bulan selama jangka waktu yang sudah kita tetapkan di awal, kita bisa bawa pulang hadiah tersebut. Mau tahu cerita bank lainnya? 

Kenapa tidak melirik ke perusahaan asuransi? Itu bagian suami saya. Kami sepakat untuk memisahkan uang kami di tempat berbeda demi masa depan Kian. Itu baru cerita dari satu bank, belum lagi tawaran dari bank lain yang pilihan hadiahnya lebih beragam. Hadiahnya mulai dari motor, sepeda, smartphone, cashback, hingga paket kotak makan mahal. Bedanya program bank ini dari bank tempat adek saya adalah kalau di bank ini simpanannya ada asuransinya. Lalu mana yang saya pilih? Belum, saya belum memilih. Kemudian saya teringat cerita dari adek ipar saya, bank tempat dia bekerja ada juga tabungan rencana tanpa harus menanam dana terlebih dahulu. Jadi malam ini saya penasaran dengan program tersebut dan saya langsung menuju website bank milik pemerintah. Setelah membaca keuntungan, fasilitas, persyaratan pembukaan tabungan, dan tanya-tanya dengan CS online, sepertinya saya akan menanamkan uang saya di bank milik pemerintah ini. Keuntungan yang ditawarkan adalah tabungan ini bisa autodebet dari tabungan induk yang saya punya. Kebetulan setiap bulan saya punya pendapatan yang rutin masuk ke rekening saya di bank ini, jadi pasti saya tidak perlu ribet transfer sana sini. Lalu setoran tiap bulan juga bebas saya tentukan. Sedangkan 2 tabungan rencana dari kedua bank di atas, setoran tiap bulan sudah ditentukan. Bunga yang ditawarkan adalah 3,25% per tahun dan dapat dicairkan sewaktu-waktu dengan penalty hanya 1% dari nominal yang dicairkan atau minimal Rp. 100.000,00. Setoran tambahan dapat dilakukan sewaktu-waktu, jadi jika nanti saya ingin menambahkan setoran tiap bulan bisa sewaktu-waktu saya lakukan.

Oke, saya akan buka tabungannya dulu, selengkapnya akan saya ceritakan dipostingan berikutnya.

Gambar minjem di sini

Advertisements

2 thoughts on “Bingung Milih Tabungan Rencana

  1. bwehehe… biasa Ibu-ibu… ini mau nabung apa ngarep hadiah?

    btw tabungan rencana ku pake tapenas BNI cair 5 tahun lagi buat masuk SD trus di perpanjang lagi sampe SMP dan SMA… untuk kuliah nunggu cair investasi asuransi unit link aja…

    tapenas jangka pendek, asuransi jangka panjang…

    *berasa marketing*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s