Salah Paham Bahasa

Sama-sama masih dalam lingkup pulau Jawa, tetapi Indonesia kaya akan bahasa. Sama penyebutan, belum tentu sama juga artinya. Kali ini saya ingin membahas mengenai bahasa yang sama penyebutan tapi berbeda arti (homonim).

Kisah 1:

Ini terjadi ketika saya pertama kali datang ke Surabaya dan ketemu Angki.

Angki: Wes mari makanmu?

Okky: Hah? Aku gak sakit, kok ditanya wes mari?

Angki: Hahahahaha.. Mari kalau di sini itu artinya selesai.

Okky: (–“)

Kisah 2:

Ini hari pertama saya tinggal di Surabaya setelah menikah. Waktu itu mama mertua mau pulang ke Jember diantar ponakan yang ceritanya si ponakan ini mau pinjam motor saya buat antar mama ke ujung jalan.

Surya: Te, pinjem motor buat nganter Uti.

Okky: Lho kamu mau antar Uti sampai mana? Emang udah punya SIM? (Pikiran saya, si Surya ini mau antar ke Stasiun yang notabene rada jauh dan lewat jalan raya).

Surya: Sampai ke depan jalan, ntik Uti naik Bison.

Okky: Oh..  (masih belum mudeng Bison itu apa? Mikirnya Bison itu jenis motor tukang ojek yang ada di ujung gang. Mungkin tukang ojek di ujung jalan itu adalah sekumpulan pengendara yang jenis motornya sama, yaitu Bison)

Setelah kasih kunci motor ke Surya, lalu langsung telpon Angki.

Okky: Mama mau pulang. Katanya mau naik Bison. Emang gpp mama naik Bison? Gak ketinggian?

Angki: Hah? Enggaklah. Sudah biasa mama naik Bison.

Okky: Gak ngebut ntik tukang ojeknya kalau naik Bison?

Angki: hahahahahaha… Bison itu angkot yang mobilnya adalah colt Elf.

Okky: Oalaaahhh (–“)

Sampai sekarang kalau ingat cerita ini pasti gak bisa berhenti ketawa.

Kisah 3:

Ini terjadi di Pasar Krukah, dimana saya mau membeli gembus alias menjes.

Okky: Bu, tempe gembusnya 1.

Penjual: Gembus iku opo?

Okky: niki lho, bu.. (sambil ambil tempe gembus dan menyerahkan ke penjual).

Penjual: Iki menjes, ora gembus (sambil jawab ketus)

Okky: Syeeemmm.. (–“)

Lalu si penjual ngomel pakai bahasa Madura yang entah artinya apa.

Kisah 4:

Ini waktu mau sok-sokan belanja ke penjual keliling di kompleks elite di daerah Dukuh Kupang.

Okky: Pak, onclang sledri masih?

Penjual: Slederi niki, mbak. Lha onclang niku nopo?

Okky: Oh, daun bawang, pak..

Penjual: Ooooo… Niki pre, mbak.

Okky: Mbuh, pak.. Karepmu (–“)

Kisah 5:

Ini baru saja terjadi. Tante depan bercerita tentang bibinya tetangga minta di jemput di depan Royal Plaza karena si bibi naik Bemo.

Okky: Lho di Surabaya ada Bemo to, tante?

Tante: Lho iyaaa, mosok kamu gak ngerti?

Okky: Bemo yang warnanya orange beroda tiga itu ada di Surabaya, tante?

Tante: Lhoo ini bemo roda empat, warnanya kuning.

Okky: Lho, kok roda empat? Bukan bemo yang kayak di Jakarta itu? (tetiba kepikiran kejadian Bison)

Tante: Bukaaaaannn.. Ini bemo roda empat.

Okky: Oh angkot apa ya, tante? (takut salah paham macam Bison)

Tante: Naahhh iyaaa… Di Semarang sebutnya angkot ya?

Okky: Iya, tante (mrenges).

Kisah 6:

Suatu ketika di traffic light depan Perpustakaan BI, Taman Mayangkara. Sambil menunggu lampu menyala hijau, ada pemberitahuan melalui corong suara bahwa para pengendara motor diwajibkan membawa & menggunakan helm SNI dalam bahasa Suroboyo-an.

Okky: Orang di sini kaya semua ya.. Lha itu disuruh gawe helm sendiri.

Angki: Hahahahhahahha.. Gawe itu kalau di sini artinya membawa/memakai.

Okky: Yeeee… Meneketehe.. Aku ngertinya Gawe itu bikin (–“).

Sepele, tapi kalau artinya beda ya jadinya salah paham. Makanya sekarang rajin aja nonton JTV tiap jam 21:00 wib. Di situ ada berita dengan menggunakan bahasa Suroboyo-an. Banyak kata-kata yang belum dimengerti memang, tapi ada penerjemah yang siap menterjemahkan.. hehehe.

 

 

 

Advertisements

5 thoughts on “Salah Paham Bahasa

  1. itulah kenapa aku juga suka nonton berita bahasa jawanya jtv. jadi makin menyadari betapa kayanya kosakata bahasa jawa. geser dikit aja udah ada makna yang berbeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s