Awas Penipuan!

Beberapa waktu lalu seorang selebritis Indonesia berteriak kalau akun MukaBuku miliknya di hack dan digunakan untuk kontes foto anak-anak kecil telanjang. Jadi si pembajak akun MukaBuku tersebut mengadakan kontes foto anak dimana pesertanya harus mengirimkan foto anak dalam keadaan telanjang. Sontak mbak selebritis ini tidak terima karena dia juga punya anak kecil perempuan. Setelah si mbak selebritis ini menelusuri, ternyata si pembajak adalah seorang penderita Pedophilia. Mau tahu lanjutannya?

Melihat dari kejadian mbak selebritis di atas, saya kembali teringat pada “peringatan” saya pada teman yang beberapa tahun lalu justru gembira saat anaknya menang foto kontes dimana pemenangnya harus mentransfer sejumlah uang dahulu sebelum hadiah dikirimkan. Jadi siang itu saya sedang “selo” dari kesibukan yg mencekik dan iseng buka MukaBuku. Saat melihat linimasa MukaBuku, saya menemukan nama dan foto anaknya teman saya itu menang foto kontes tetapi nama pemilik akun yang mentasbihkan anak teman saya itu menang mencurigakan. Iseng, Saya buka akun pembuat kontes tersebut dan Saya kaget ketika melihat persyaratan yang diberikan. Jelas itu penjual produk abal-abal yang berkedok penyelenggara kontes foto, dimana pemenangnya akan mendapat hadiah berupa piagam, trofi, dan sejumlah produk. Tetapi untuk mendapatkan hadiah tersebut, si pemenang harus mengirimkan sejumlah uang terlebih dahulu. Sampai sekarang modus ini masih banyak berkeliaran di MukaBuku. Saya bersyukur beberapa teman masih bisa mengerti dan menerima penjelasan mengenai hal ini.

Saran saya, ada baiknya jika ingin mengikuti kontes foto perhatikan dengan seksama syarat yang diajukan penyelenggaran dan yang lebih utama untuk diperhatikan adalah kredible penyelenggaran.

Kasus penipuan berikutnya yang sering terjadi di MukaBuku adalah online shop gadungan. Modus dari pelaku adalah menawarkan barang melalui foto di MukaBuku berikut testimoni abal-abal mengenai kualitas barang hingga ada pembeli yang tertarik. Biasanya si calon pembeli melihat barang dan tertarik, mereka berkomunikasi melalui bbm. Setelah pembeli tertarik, pembeli diharuskan mentransfer uang terlebih dahulu baru barang akan dikirimkan kemudian. Namun setelah uang terkirim, barang yang dibelipun tak kunjung diterima oleh si pembeli. Ketika si pembeli menanyakan perihal barang yang dipesannya melalui pesan di bbm, sang penjual akan mendelete si pembeli dari pertemanan. Beberapa kasus penipuan ini sudah terlacak polisi dan pelakunya sudah dipidanakan, namun masih saja terus terjadi. Biasanya si pelaku juga mempunyai banyak akun yang mirip tetapi dengan nama yang berbeda di MukaBuku, bahkan juga rekening di beberapa bank. Tak lupa juga tercantum testimoni palsu dan resi pengiriman palsu.

Saran saya, teliti sebelum membeli atau jika ingin membeli online bisa melalui online shop terpercaya macam lazada, bukalapak, olx, bukabuku, tokopedia, dan masih banyak lagi yang pembayarannya melalui rekening bersama. Jadi jika penjualnya abal-abal, uang anda tetap disimpan di rekening bersama dan masih bisa kembali. Link berikut ada beberapa tips untuk belanja online aman.

Moral cerita dari dua cerita saya di atas adalah betapa sosial media itu menyenangkan, tetapi penuh tipu daya jika kita tidak waspada dan kurang paham dalam penggunaannya. Jaman sekarang MukaBuku sudah menjadi sosial media yang jamak dimiliki orang, namun masih banyak pula orang yang terlena dan kurang bisa memanfaatkannya sebagaimana mestinya. Waspadalah dalam penggunaan sosial media, pelajari dulu penggunaannya jika perlu. Jangan hanya sekedar terbawa arus. Khususnya pada orangtua yang memiliki anak kecil, berhati-hatilah membagi foto anak anda di linimasa MukaBuku. Jangan membagi foto anak yang sedang telanjang dalam kegiatan apapun, sekalipun sedang berenang karena kita tidak tahu kejahatan berasal dari mana.

*Sudah tahu kan ya MukaBuku yang saya maksud?* 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s