Surabaya dan Pasar Malam

Disclaimer: Tulisan di bawah ini murni pendapat saya sebagai pendatang & penghuni tidak tetap di Surabaya. Apabila ada kekeliruan, mohon koreksi. Sekian dan terima saran.

Sudah hampir dua tahun ini saya menjadi pendatang dan penghuni tidak tetap di Surabaya. Selama hampir dua tahun pula saya banyak mendapat kejutan dari kota ini. Kota yang menurut berita merupakan kota terbesar kedua di Indonesia ini ternyata kaya dengan keunikan. Mau tahu keunikannya?

Ada banyak mall tumbuh di kota ini, mulai dari mall untuk kalangan menengah sampai untuk kalangan berduit. Hampir disetiap bagian kota Surabaya tersedia mall. Bagian Surabaya barat, selatan, utara, dan timur sudah tercukupi akan pembangunan mall. Rata-rata perwilayah tersedia minimal 2 mall, belum lagi pusat perbelanjaan macam pusat grosir. Kota ini hampir mirip saja dengan ibukota, mall ada dimana-mana. Namun jangan kaget jika di malam minggu tiba-tiba jalan yang anda lalui ditutup karena ada pasar malam. Iya pasar malam. Pasar malam ini tidak hanya ada disebuah wilayah saja, namun mereka berkeliling dari satu wilayah ke wilayah lain. Apa saja yang mereka jual? Beraneka dagangan digelar, mulai dari pakaian, makanan, barang kebutuhan rumah tangga, bahkan arena bermain anak. Sepi? Tidak. Pasar malam selalu ramai dikunjungi warga, meskipun mall juga tak kalah ramai disaat hari libur.

Ironis? Menurut saya, tidak. Ini realita dan budaya yang tetap terjaga di kota ini. Kenapa saya sebut budaya? Karena pasar malam sudah ada sejak sebelum mall tumbuh. Pasar malam tidak hanya diselenggarakan di pinggir tetapi juga di kawasan kota. Menurut saya sebagai pendatang, pasar malam ini harus tetap ada dan terselenggara meskipun jaman berubah. Meskipun juga saya belum pernah berkunjung ke pasar malam ini karena saya bisa mendadak pusing melihat banyak orang berjubel, namun sesekali saya harus mencoba.

4 thoughts on “Surabaya dan Pasar Malam

Leave a Reply

