Malam Minggu di Pasar Semawis

Gerbang Pecinan Semarang

Gerbang Pecinan Semarang

Bingung mau ngapain malam minggu di Semarang? Coba jalan-jalan ke Pasar Semawis. Letaknya di sepanjang Jl. Gang Warung, Pecinan Semarang. Bingung arahnya? Mari saya beri petunjuk..

Jika anda berada di kawasan Simpang Lima, maka akan lebih gampang petunjuk saya. Ambil jalan di depan Masjid Baiturrahman yang bersebelahan dengan Mal Ciputra. Lurus saja ikuti jalan Gajahmada sampai anda berada diperempatan lampu merah ke-3 dari Simpang Lima, belok kanan yaitu Jl. K.H Wachid Hasyim atau biasa disebut Kranggan. Ikuti saja jalan itu dan anda akan bertemu dengan gapura Pecinan Semarang. Nah di dekat gapura itulah Pasar Semawis digelar.

Pasar Semawis ini isinya orang jualan segala macam, mulai dari pernak-pernik, baju, beraneka macam makanan, karaoke, bahkan ramal meramal pun ada. Tak lupa seni pertunjukan Barongsai pun ada. Pasar Semawis ini jauh lebih ramai dikunjungi orang sesaat atau menjelang perayaan Imlek. Wayang Potehi, Pertunjukan Barongsai, Pohon Keberuntungan, dan stand ramal-meramal menggunakan media tarot dan semacamnya tak ketinggalan. Semawis mulai buka pukul 18:00 wib sampai tengah malam, semakin malam semakin ramai pengunjung.

Sate Babi

Sate Babi

Pasar Semawis ini hanya buka tiap Sabtu malam. Sepanjang Jl. Gang Warung akan ditutup layaknya Car Free Day. Pengunjung hanya bisa berjalan kaki untuk menikmati suasananya, sementara kendaraan anda bisa diparkir dibagian ujung Jl. Gang Warung. Pengunjung tidak hanya kalangan etnis TiongHwa saja, beberapa turis lokal dan manca negara bersliweran di tempat ini.

Sedikit clue untuk anda yang ingin mencoba membeli makanan, mohon tanyakan lebih dahulu dasar atau bahan yang digunakan. Hal ini untuk mencegah anda memakan makanan yang menurut anda haram. Namun dibeberapa kios makanan sudah tertera bahan makanan tersebut.

Tempat makan

Tempat makan

Tak perlu kuatir jika anda ingin menikmati makanan ditempat, tersedia tenda dan kursi yang bisa anda gunakan untuk menikmati makanan dengan santai.

Penasaran? Coba anda datang ke Pasar Semawis weekend ini..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s