Menyusur Goa Pindul

DSC_1188-1

Hari Senin seminggu yang lalu, saya duduk di atas ban besar sambil menyusur Goa Pindul. Goa Pindul terletak di Gunung Kidul, tepatnya di desa Bejiharjo, sekitar 2jam dari kota Yogyakarta. Panjang Goa ini sekitar 350m. Goa ini terbentuk secara alami ribuan tahun yang lalu. Dibutuhkan waktu 10 tahun tetesan untuk membentuk stalagtit sepanjang 1mm, jadi bisa dibayangkan sudah berapa ribuan tahun Goa ini terbentuk. Mau tahu lanjutannya?

Goa Pindul ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2010 oleh bupati Gunung Kidul. Karang taruna desa sekitar memanfaatkan dan mengelolanya menjadi objek wisata. Goa Pindul memiliki stalaktit yang merupakan terbesar keempat di dunia. Sebelumnya Goa ini kosong dan dihuni oleh kelelawar dan burung Sriti. Namun sampai sekarang masih dapat dijumpai kelelawar di dalam Goa. Tidak perlu takut karena penghuni di dalamnya merupakan pemakan buah-buahan dan serangga.

Pintu keluar Goa Pindul

Pintu keluar Goa Pindul

Untuk menyusuri Goa, kita bisa menggunakan beberapa jasa pemandu dengan harga yang berbeda-beda. Harga menyusur Goa ini berkisar antara Rp. 30.000,00 – 45.000,00. Fasilitas yang disediakan antara lain: ban untuk menyusur, jaket pelampung, sepatu karet (bisa digunakan, bisa tidak), pemandu, transportasi menuju ke Goa (bergantung jarak base camp pemandu ke Goa), dan asuransi. Tidak ada batasan peserta, berapapun pesertanya akan diantar menyusur. Disarankan untuk tidak mengajak balita, minimal anak berusia 10 tahun. Di bawah 10 tahun harap berkonsultasi dulu dengan pemandu.

Transportasi menuju Goa Pindul

Transportasi menuju Goa Pindul

Jika anda datang bersama rombongan, jangan khawatir terpisah ketika menyusur. Anda bisa saling berpegang tangan antar anggota atau berpegang pada tali yang terikat di ban. Jika rombongan berjumlah 10 atau kurang, maka anda akan disatukan menggunakan tali. Tali tersebut akan diikatkan dari satu ban ke ban lain tanpa anda perlu memegangnya.

Berpakaianlah yang nyaman, duduk di atas ban, dan nikmati keindahan Goa Pindul. Penasaran? Silakan coba sendiri 😀

*Saya tidak sempat mengambil foto di dalam Goa, sayang HP kalau kecebur air*

 

Advertisements

5 thoughts on “Menyusur Goa Pindul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s