Surat Untuk Si Kecil

Dear calon anakku,

Betapa dilemanya kamu yang lahir dijaman yang serba internet ini. Kamu harus tahu segala hal, kamu tidak boleh terlambat dalam hal informasi karena kami orang tuamu juga ingin selalu update tentang segala macam info yang tersedia diinternet. Sebelum usiamu menginjak 17 tahun, kami akan menjagamu dan menyaring informasi yang akan kamu dapat dari internet. Kami akan berlangganan internet di rumah dan kami akan memantau situs apa yang kamu buka. Hp, nanti ketika kami rasa kamu sudah mampu mencerna isinya baru kami akan membelikanmu. Jangan khawatir kamu dibilang ketinggalan info terbaru oleh teman-temanmu, kami akan mencarikanmu sekolah yang benar-benar bagus dan berisi anak-anak yang pergaulannya bagus.

Kami akan berusaha menjagamu sekuat tenaga dari acara-acara televisi yang berbau goyang-goyang jorok dan candaan yang cenderung melecehkan orang lain. Kami akan berlangganan televisi berbayar yang menyuguhkan acara khusus untuk anak-anak. Jangan khawatir, rumah uti dan rumah eyangmu ini juga sudah tersedia. Jadi ketika nanti kita berlibur, kamu tidak perlu khawatir kehilangan acara kesukaanmu.

Soal musik kamu tenang saja. Kami sudah punya persediaan lagu anak-anak jaman orang tuamu ini masih kecil. Kamu harus mendengarkan lagu-lagu yang memang seharusnya diperdengarkan untuk anak sesuai dengan umurnya. Kami tidak akan memberikanmu lagu-lagu semacam lagunya Charly, Armada, Repvblik, dan sebangsanya. Kami akan menjauhkanmu dari musik seperti itu. Kami punya persediaan lagu-lagu ciptaan Alm Pak Kasur, Tasya, Sherina, dll yang jauh lebih manuasiawi dan pantas untuk kamu dengarkan. Kami akan menutup telingamu rapat seandainya lagu cinta murahan punya Charly dll itu terdengar di jalanan yang kita lewati.

Tenang, kamu akan hidup dilingkungan yang anak-anaknya tidak asal ngomong dan kasar. Kamu akan kami suguhi permainan yang mengasah otakmu kanan dan kirimu. Jangan khawatir, kami akan memperbolehkanmu bermain kok karena kami berdua suka permainan. Tentu saja permainan yang akan kamu mainkan harus melalui penyaringan dari kami. Bapakmu itu punya segudang permainan yang bisa kamu mainkan sendiri atau kalian mainkan bersama.

Jangan khawatir soal teman, kamu pasti punya banyak teman. Kami akan membebaskanmu berteman dan kami akan memantau latar belakang teman-temanmu. Kami tidak ingin kamu salah berteman. Banyak orang jahat yang berpura-pura baik jaman sekarang.

Kami akan menyalurkan bakatmu dibidang apapun. Bahkan kalau kamu ingin ikut les, akan kami setujui. Lelaki atau perempuan kamu, kami akan sedikit membujukmu untuk menguasai ilmu bela diri apapun bentuknya.

Kami akan melindungimu dari panas dan hujan. Kalaupun di Surabaya terlalu panas, kamu bisa ke rumah uti yang nyaman atau glundungan di rumah eyang. Kami tidak akan membiarkanmu merasakan kepanasan dan kami juga tidak akan membiarkanmu bergantung dengan AC, bahkan kami tidak akan memberimu AC sewaktu kecil. Rumah eyangmu ini di design dengan atap yang tinggi sehingga tidak panas ketika di dalamnya, tanpa menggunakan AC. Begitupun rumah utimu di Jember. Bersyukurlah, karena kami mengamankan paru-parumu dari kamu kecil.

Cepatlah kamu temui kami berdua. Lihatlah warna-warni dunia dan kami akan menuntunmu sampai kami orang tuamu ini menua.

                                                                                                                                                                                                                  = Kami yang menantimu =

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s