Kuliner Malang

Pemandangan sepanjang Surabaya - Malang dengan Kereta Penataran Ekspess

Pemandangan sepanjang Surabaya – Malang dengan Kereta Penataran Ekspess

Akhir tahun 2013 lalu, lagi-lagi saya singgah ke Malang. Sedikit berbeda dengan tahun lalu yang sempat mampir ke Batu, namun tahun ini hanya fokus ke Malang. Perjalanan kali ini, saya lebih memilih naik kereta Penataran Express melalui Stasiun Gubeng ke Stasiun Malang Kota Baru. Ada 3x keberangkatan Penataran Ekspress ke Malang dalam 1 hari:

1. Jam 07.10 – 09.18
  2. Jam 12.25 – 14.33
  3. Jam 17.45 – 19.53

Harga tiket adalah Rp. 20.000,00. Kereta ekonomi Ac ini relatif cepat dibanding kereta Penataran biasa yang harga tiketnya Rp. 6.000,00. Yang mahal dari naik kereta ini adalah pemandangannya yang tidak ditemui saat naik mobil. Mau tahu perjalanan selanjutnya?

Sampai di Malang, sudah ada Ulfa & Mas Wawan Wedhouz yang menunggu. Sementara Angki & Mas Wawan meminjam motor, Saya dan Ulfa mampir ke Warung Warna-Warni. Warung ini letaknya tak jauh dari Stasiun Malang Kota Baru. Anda tinggal berjalan ke arah kanan Stasiun sekitar 5 menit. Beragam es campur dengan sirup warna-warni tersedia di sana. Harga pun berkisar dari Rp. 5.000,00 – Rp. 7.000,00 saja.

Rujak Manis Semeru

Hari semakin siang dan panas matahari Malang mulai terasa. Rujak Manis Semeru di Jl. Semeru no. 54, Malang, jadi tujuan kami berikutnya. Warung Rujak ini berada persis di belakang Stadion Gajayana. Yang khas dari rujak ini adalah porsinya yang banyak dan sambalnya yang terbuat dari campuran gula jawa juga kacang yang ditumbuk. Buah yang dipakai untuk rujaknya pun masih segar dan besar-besar. Sebagai informasi saja, rujak di sini adalah rujak buah-buahan karena pengertian rujak di Jawa Tengah dan Jawa Timur berbeda jauh. Dan rujak di warung ini adalah rujak ala Jawa Tengah, yang berbeda hanya bumbunya saja.

Lumpia Semarang khas Malang

Cwie Mie Hok Lay

Pangsit Cwie Mie, Hok Lay

Nasi Panca Warna, Hok Lay

Selepas dari rujak, kami mampir ke sebuah rumah makan dengan bangunan lama yang bernama Hok Lay. Hok Lay ini khas dengan Fosco nya. Fosco adalah minuman susu di campur coklat yang berwadahkan botol coca cola. Sayang sekali saat kami datang, Fosco nya habis dan sebentar kemudian warung akan segera tutup untuk siesta. Waktu siesta warung ini adalah pukul 14.00 – 17.00 wib. kemudian buka lagi dari pukul 17.00 – 22.00 wib, sedangkan buka pada pukul 09.00 wib. Kami masih sempat mencicipi Cwie Mie dan Lumpia Semarang yang khas Malang ini. Saya sebut khas Malang karena Lumpia asli Semarang hanya berisikan rebung, daging, dan bisa ditambah udang saja tanpa wortel. Warung Hok Lay ini terletak di j. Kyai Achmad Dahlan

Bakso Bakar Trowulan

Perut kami belum cukup kenyang ketika kami memutuskan mencicipi bakso bakar Trowulan di Jl. Candi Trowulan no. 65, Malang. Ada tingkatan pedas untuk rasa baksonya. Jadi pedasnya bakso ini dicampur sewaktu bakso ini dibakar. Bakso bakar dihidangkan bersama dengan kecap dan kuah kaldu bakso, mie putih, dan bawang merah goreng sebagai tambahan.

Home Made Ice Cream, Und Corner

Malam harinya kami menghabiskan waktu di Und Corner afe, sambil menunggu Hars datang. Malam itu Loenpia kopdar bersama Blogger Malang. Ada Neng Biker dan pasangan, Sandinata, dan Sam Ardi yang merapat bersama kami. Und Corner cafe letaknya dekat sekali dengan Hotel Tugu. Cafe ini nuansanya unik sekali, hampir sama uniknya dengan cafe yang penuh bule di sebelahnya. Ada ice cream home made seharga Rp. 11.000,00 di sana. Makanan dan minuman yang dijual pun unik. Bisa dilihat di daftar menu berikut. Und Corner Cafe ini terletak di Jl. Tugu 3 Kauman Klojen, Malang.

Daftar Menu Und Corner Cafe

View dari sebelah kanan kami duduk

Di bawah sana dekat kasir, ada banyak roti home made dijajarkan

Kereta Penataran Ekspress dari Stasiun Malang Kota ke Surabaya Gubeng juga tersedia dalam 3x perjalanan:
  1. Jam 04.30 – 06.37
  2. Jam 09.50 – 11.57
  3. Jam 15.10 – 17.17

Ohiya, ada lagi rekomendasi tempat kuliner lagi di Malang, yaitu Bakso Kota Cak Man dan Pecel Kawi.

Bakso Kota Cak Man ada di Jl. S. Parman Kav. A1-2, Malang. Bisa dibandingkan rasa bakso di sini dengan Bakso Cak Man di kota lain. Tetap enak yang di sini, baik bakso dan kuahnya.

Pecel Kawi di Jl. Kawi No. 43, Malang. Kalau kata Ulfa, Pecel Kawi ini Pecel terenak se kota Malang.

Masih banyak tempat kuliner lain di Malang yang masih belum saya coba, seperti Bakso President, Bakso Bakar Jl. Pahlawan, dll. Lain kali akan saya coba dan tulis di sini yes! Sabarrr menanti ya.. πŸ˜€

Sampai jumpa di perjalanan berikutnya.. πŸ˜€