Nasi Punel, Bangil

Nasi Punel

Nasi Punel

Bangil adalah kecamatan dari Kabupaten Pasuruan yang berbatasan kabupaten Sidoarjo. Jika anda melewati kota ini, maka di sepanjang jalan akan melihat warung-warung yang menyediakan nasi punel.

Nasi punel sendiri berbahan dasar dari beras punel yang dimasak seperti biasa masak nasi dan dicampur dengan berbagai lauk. Lauk yang dicampurkan adalah bothok, sayur nangka muda dengan tahu, mentho atau lentho, srundeng, irisan kacang panjang, dan tambahannya ada babat, iso atau usus, dan paru, sate kerang. Disajikan diatas daun pisang. Untuk sambel, bisa disertakan bisa tidak, tergantung permintaan anda.    

Lauk-lauk yang tersebut diatas tadi disajikan di atas nasi hangat. Sepiring nasi punel ini disajikan dengan porsi sedang, cukup mengenyangkan jika perut anda terasa belum begitu lapar. Sebaliknya, jika anda terasa lapar, mungkin 2 porsi cukup membuat anda kenyang.

Ada banyak warung penjual nasi punel di sepanjang Kota Bangil ini. Saya tidak punya rekomendasi warung mana yang enak untuk dikunjungi karena dua warung berbeda yang saya kunjungi rasanya sama enaknya. Namun ada satu warung nasi punel yang pernah dikunjungi Pak Bondan Winarno dan cukup rame juga dikunjungi. Letaknya di dekat alun-alun Kota Bangil. Jika anda sampai alun-alun Kota Bangil, bertanyalah pada masyarakat sekitar, dimana warung itu berada.

Selamat mencoba..

Advertisements

3 thoughts on “Nasi Punel, Bangil

    • Bedanya ada di masa tanamnya. Jenis beras punel yang saya tulis di sini adalah beras yang masa tanamnya lebih dari 6 bulan, sedang beras yang biasa kita tanam masa tanamnya lebih pendek. Kemudian beras punel ini irit air. Soal rasa, beras punel ini lebih lembut dan lebih mengenyangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s