Mbungkul Yuks!

photo (29)

Salah satu pesona kota Surabaya, selain kuliner, menurut saya adalah taman kota. Sebut saja Taman Apsari di Jl. Gubernur Suryo, Taman Lansia, Taman Bungkul, dll. Kali ini saya ingin membahas apa sih yang menarik di Taman Bungkul?

photo (32)

Taman yang terletak di sebelah kanan Jalan Raya Darmo ini merupakan salah satu taman kota yang selalu ramai dikunjungi. Letaknya yang strategis, bisa jadi salah satu alasan tempat ini dijadikan tempat jalan-jalan, kuliner, olahraga, foto-foto, main di playground, menikmati wifi gratis, ataupun sekedar nongkrong.

Dilarang menginjak rumput di taman ini

Dilarang menginjak rumput di taman ini

Di belakang tembok besar itu adalah Makam Mbah Bungkul. Oleh karenanya ada tanda religi di sebaliknya

Di belakang tembok besar itu adalah Makam Mbah Bungkul. Oleh karenanya dipasang tanda religi

Kata Bungkul sepertinya berasal dari Makam Mbah Bungkul yang berada di belakang area taman ini. Makam Mbah Bungkul  sampai detik ini masih ramai dikunjungi peziarah dari berbagai kota di Nusantara.

Taman Bungkul ini memfasilitasi semua generasi. Untuk anak-anak, tersedia mainan seperti di taman kanak-kanak. Untuk yang hobi main skateboard, anda bisa memanfaatkan area skateboard disebelah kanan belakang. Untuk yang ingin berfoto dengan air mancur atau hanya bermain air, ada air mancur disebelah kiri taman. Anda yang ingin refleksi kaki, bisa memanfaatkan path bebatuan yang ada di dekat area bermain skateboard. Untuk yang sedekar nongkrong atau memanfaatkan fasilitas wifi id, bisa duduk di lingkaran tengah. Pusat kuliner bungkul ada di bagian belakang, di dekat pintu masuk makam Mbah Bungkul.

Setiap hari Minggu pagi, area depan Taman Bungkul dimanfaatkan untuk Car Free Day dari pukul 05.00-10.00 wib. Berbagai kegiatan masyarakat Surabaya dan sekitarnya ada di sini. Mulai dari senam pagi bersama gratis, sepeda santai, lari pagi, berkomunitas, jalan-jalan dengan hewan peliharaan, main musik, foto-foto di jalanan atau hanya sekedar jalan santai. Makanan dan minuman banyak dijual selama acara ini.

Area bermain skateboard

Area bermain skateboard

Air Mancur

Air Mancur

 

Jalan bebatuan yang berguna untuk refleksi kaki

Jalan bebatuan yang berguna untuk refleksi kaki

Tempat bermain anak

Tempat bermain anak

Tempat nongkrong berjamaah yang letaknya di tengah, berbentuk lingkaran yang dipotong bagian tengahnya. Di tempat ini juga anda bisa menggunakan wifi.id

Tempat nongkrong berjamaah yang letaknya di tengah, berbentuk lingkaran yang dipotong bagian tengahnya. 

 

Rambu dilarang bersepeda

Rambu dilarang bersepeda

 

Labirin

Labirin

Box telepon umum di dekat area bermain skateboard

Box telepon umum di dekat area bermain skateboard

 

Tempat duduk dari sponsor

Tempat duduk, logo dari perusahaan telekomunikasi

Untuk anda yang merasa kehausan selepas berjalan-jalan, di bagian belakang dekat dengan tempat bermain anak, tersedia kran air yang airnya bisa langsung diminum. Kran air minum ini diresmikan oleh Walikota Surabaya pada 11 Agustus 2009.  Sedangkan bagi anda yang membutuhkan toilet, tersedia juga toilet di belakang kran air minum. 

Kran Air Siap Minum Perusahaan Daerah Air Minum Surabaya

Kran Air Siap Minum Perusahaan Daerah Air Minum Surabaya

Toilet ada di sebelah kanan tanda ini

Toilet ada di sebelah kanan tanda ini

Pemerintah Kota Surabaya benar-benar memperhatikan kenyamanan, keindahan, dan kebersihan Taman Bungkul ini. PKL tidak diijinkan berada di sekitar taman. Pedagang minuman yang setiap malam menjajakan dagangan di taman hanya diperbolehkan keliling membawa brosur dagangan saja, pembuatan minumannya dilakukan di luar taman. Oleh karenanya Taman Bungkul baru saja dianugerahi penghargaan International The 2013 Asian Townscape Sector Award sebagai Taman Terbaik se-Asia.

Sentra PKL di belakang Taman Bungkul

Sentra PKL di belakang Taman Bungkul

DSC_1115-1

Mbungkul yuks..

Foto by Angki

Advertisements

2 thoughts on “Mbungkul Yuks!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s