Monumen Kapal Selam, Surabaya

Bagian depan MonKaSel

Bagian depan MonKaSel

MonKaSel atau Monumen Kapal Selam ini letaknya di pusat kota Surabaya. Kapal ini bukan sekedar monumen yang dibuat menyerupai aslinya, namun memang Kapal Selam yang dulunya pernah digunakan dan dipindah tempatkan di tengah kota.

Kapal Selam bernama KRI Pasopati 410 ini digunakan Angkatan Laut Indonesia sejak 29 Januari 1962 dan salah satunya turut berperan dalam Operasi Trikora. Kapal dengan tipe SS Whiskey Class ini dibuat pada tahun 1952 di Vladi Wostok, Rusia. Untuk spesifikasi kapal, anda bisa melihatnya di website resmi museum ini di monkasel.com

Bagian dalam depan kapal

Bagian dalam depan kapal

Bukan hal yang mudah untuk membawa kapal asli dari lautan ke tengah kota. PT. PAL Indonesia harus membaginya menjadi 16 dahulu, baru kemudian diangkut dan dikonstruksi ulang. Pengerjaan konstruksi dimulai pada bulan Juli 1995 dan membutuhkan waktu hingga 3 tahun. Pada 15 Juli 1998, Monumen Kapal Selam resmi dibuka untuk umum.

Bersiaplah badan anda untuk melewati lorong penghubung seperti gambar

Bersiaplah badan anda untuk melewati lorong penghubung seperti gambar

Kapal ini terdiri dari bagian-bagian yang semuanya bisa anda lihat. Jangan takut kepanasan ketika berada di dalam, karena kapal ini telah dilengkapi pendingin. Ada juga pemandu yang siap menjelaskan tiap-tiap bagian kapal. Tentu saja anda bisa mengambil gambar & foto di bagian dalam & luar kapal.

Bagian depan luar kapal

Bagian depan luar kapal

Di samping kapal ini bersandar, ada taman yang biasa digunakan untuk bersantai menikmati sore hari di pinggir sungai Kalimas. Pada hari Sabtu malam, kadang ada pertunjukkan musik live di panggung belakang monument. Monumen Kapal Selama ini terletak di antara sungai Kalimas dan Plaza Surabaya, tepatnya di Jl. Pemuda. Anda bisa mengunjunginya pada pukul 08.00 – 22.00 wib.

Taman di samping kanan MonKaSel

Taman di samping kanan MonKaSel

*hidden clue: nyali saya belum terlalu kuat untuk bertahan lama di dalam*

Advertisements

10 thoughts on “Monumen Kapal Selam, Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s