Wisata Museum Rokok Surabaya

Bangunan Depan Museum

Bangunan Depan Museum

Jika anda sedang bingung mencari tempat berkunjung di Surabaya, pastikan anda mampir ke House of Sampoerna. Letaknya di Surabaya Utara, dekat dengan hotel Ibis Rajawali. House of Sampoerna adalah museum milik Sampoerna, untuk masuk ke museum ini pastikan anda berumur di atas 18tahun. Tentu saja ada pembatasan umur karena tempat ini adalah museum rokok. Tenang saja, meskipun tempat ini bertajuk museum rokok, namun tetap anda tidak boleh merokok di dalam ruangan.

"A Cafe"

“A Cafe”

Bangunan ini terdiri dari 5 bangunan terpisah. Bangunan utamanya yang dijadikan museum terletak di tengah. Di sebelah kanan konon katanya merupakan rumah pendiri Sampoerna. Ada mobil antik terparkir di sana. Anda hanya diperbolehkan berfoto di depan mobil tanpa boleh melewati pagar pembatas. Di sebelah kiri museum adalah kafe yang bernama “a cafe”. Sementara di lorong samping a cafe adalah lorong menuju ruang lukisan. Di sana tergantung lukisan beberapa pemandangan wisata di Indonesia.

Lambang Sampoerna di atas ruang depan museum

Lambang Sampoerna di atas ruang depan museum

Anda tidak perlu membeli tiket untuk masuk ke dalam museum ataupun menjajah ruangan yang ada. Bahkan jika anda sedang beruntung, anda bisa berkeliling Surabaya menggunakan bis Surabaya Heritage Track. Jadwal keberangkatan bisnya, pukul 13.00 dan 15.00 wib. Tetapi ada baiknya anda reservasi dulu atau secepatnya mendaftar ketika museum baru buka. Hal ini terkait dengan keterbatasan tempat.

Surabaya Heritage Track Bus

Surabaya Heritage Track Bus

Di ruang bagian depan museum terdapat meja kerja dan foto pendiri Sampoerna. Ada juga berbagai bungkus rokok yang dikeluarkan Sampoerna dari sejak mereka awal berdiri hingga sekarang, baik yang diterbitkan di Indonesia maupun di luar negeri. Jangan kaget jika mendengar suara drumband di museum ini, karena di bagian belakang ada layar sentuh yang menampilkan backsound suara drumband dan di sisi kanannya ada peralatan drumband lengkap beserta seragamnya. Untuk anda yang ingin mengetahui lebih mengenai Sampoerna, ada pemandu yang siap untuk menemani anda keliling museum.

DSC_2005

DSC_2007  DSC_2006

DSC_2008Tangga menuju lantai 2 dihiasi poster-poster konser yang pernah disponsori Sampoerna. Jika anda ingin membeli berbagai merchandise House of Sampoerna, di lantai 2 ini tempatnya. Di bagian agak belakang terdapat kaca besar yang di bawahnya terdapat seperti mesin-mesin tempat buruh rokok bekerja. Oiya, anda dilarang mengambil gambar apapun yang ada di kaca besar ini. Jika anda terlanjur mengambil gambar, maka akan diminta menghapus gambar yang terlanjur anda ambil oleh petugas yang menjaga merchandise.

DSC_0921

DSC_0922

DSC_0942

DSC_1999

DSC_0909

 DSC_0911DSC_0919

DSC_0939

Contoh warung penjual Sampoerna

Contoh warung penjual produk Sampoerna

Museum buka pukul 09.00 wib pagi. Selamat menikmati wisata museum Surabaya 😀

Dinding tangga menuju lantai 2

Dinding tangga menuju lantai 2

Peta Peta Peta

Peta Peta Peta

Jangan terlalu serius lah, yuk piknik…  Sampai Jumpa di Surabaya….

Advertisements

4 thoughts on “Wisata Museum Rokok Surabaya

    • Ada ceritanya. Dulu pas pertama ke tempat itu kebetulan pas bareng rombongan anak mahasiswa dan mereka minta ditemani guide. Jadi aku sempat dengar tapi lupa.. hihihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s