Traveling Itu Mudah

842939_10200525784855783_1769404546_o

Jaman sekarang kalau kita pengen liburan itu gampang banget. Tinggal tentukan tanggal, sediakan kredit card/atm/token, serta koneksi internet dengan benwit memadahi. Semudah itu? Iya, kemanapun kita mau. Ada beberapa tips untuk mendapatkan tiket promo:

  1. Pastikan kalian memfollow maskapai penerbangan dan PT. KAI di twitter. Jangan hanya memfollow 1 maskapai saja, follow semua akun twitter maskapai pernerbangan di Indonesia dan luar negeri sebisa mungkin. Kenapa? Karena para maskapai ini selalu mengumumkan acara promo mereka melalui akun social media mereka. Jangan lupa subscribe juga newsletter maskapai penerbangan itu.
  2. Tentukan tanggal kalian akan berlibur. Alangkah menyenangkan jika liburan tersebut sudah terencana beberapa bulan atau setahun sebelumnya. Kenapa? Hal ini memungkinkan kita untuk dapat tiket promo yang harganya jauh lebih murah dari harga normal. Resikonya adalah acara tak terduga yang datang diwaktu menjelang hari H dan tiket tidak bisa di refund atau diganti lain hari.
  3. Pastikan kalian tahu website yang bisa membandingkan harga satu maskapai atau kereta satu dengan yang lain. Untuk ini kalian bisa buka tiket2 atau tiket atau wego. Bandingkan harga di sana. Memang tidak semua maskapai tersedia di sana, setidaknya kalian bisa dapat gambaran satu maskapai dengan lainnya. Setelah dapat harga termurah, untuk menghemat nominal pemesanan ada baiknya kalian langsung masuk ke web maskapai yang sudah kalian anggap murah tadi. Hal ini dikarenakan membeli di website maskapainya langsung tidak dikenai biaya pemesanan.
  4. Tiket promo adalah harapan. Iya untuk mendapatkan tiket promo itu tidak semudah membalikkan tangan. Kita harus berjuang mengakses website bersaing dengan ribuan orang (mungkin) yang juga pengen liburan. Tips dari saya adalah rajin mengecek website maskapai. Beberapa kali saya menemui promo itu baru mereka umumkan beberapa waktu saat setelah harga promo ter publish di web. Ini memungkinkan kalian mengetahui terlebih dahulu dibanding yang hanya bergantung pada publikasi.
  5. Nothing to lose. Sharing pengalaman sedikit. Beberapa waktu lalu saya mendapatkan tiket promo Airasia seharga Rp. 5.000,00. Ini benar terjadi. Ditambah bagasi yang “terpaksa” harus dibayarkan ya total Rp. 45.000,00 dan saya mendapatkannya di hari Jumat. Jadi siapa bilang tiket promo itu tidak berlaku di weekend. Bahkan untuk bulan Mei 2013 mendapang, pada hari weekend kemarin Citilink menerapkan harga flat ke semua rutenya seharga Rp. 188.000,00. Jadi jangan terlalu berharap tapi tetap berusaha.
  6. Ingat! Harga tiket ini fluktuatif, jadi begitu kalian pikir kalian sedang berhadapan dengan harga yang super murah, segera eksekusi.

Sekian beberapa tips tiket promo yang mungkin bisa kalian gunakan. Sejauh ini teknik ini yang saya gunakan dan berhasil mendapatkannya, kecuali tiket kereta api.

Terimakasih & selamat mencoba 😀

Advertisements

2 thoughts on “Traveling Itu Mudah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s